Pengabdian Masyarakat Fisika di SMKN 2 Batu

Tidak dipungkiri, pandemi COVID-19 dua tahun yang lalu, telah menganggu proses belajar mengajar di sekolah tingkat menengah. Di mana salah satu akibatnya, dibutuhkannya bahan ajar dalam bentuk digital untuk digunakan siswa, agar peserta didik dapat selalu mengikuti dan tingkat pengetahuannya tetap sesuai dengan kompetensi fase belajarnya.

Oleh karena itu pada Senin, 20 Juni 2022, salah satu Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Fisika FMIPA Universitas Brawijaya, yang diketuai oleh Gancang Saroja, S.Si.,M.Si., mengabdi di SMK Negeri 2 Batu dengan kegiatan yang berjudul “Penyusunan Bahan Ajar dan Modul Elektronik bagi Guru-guru SMA/K di Wilayah Malang Raya”.

Dalam pengabdian ini, tim berbagi ilmu tentang bagaimana kaidah dalam penyusunan bahan ajar, yang dalam “Merdeka Belajar” ini lebih diarahkan sesuai karakteristik, kompetensi dan minat masing-masing peserta didik. Yang tetap mengacu pada relevansi, kontekstualitas serta kesinambungan dengan pengalaman, pengetahuan dan fase peserta didik itu sendiri.

Dalam pengabdian ini juga, tim memberikan contoh bagaimana membuat bahan ajar dengan format ePub dengan software SIGIL. Yang mana output dari bahan ajar tersebut dapat berbentuk buku digital, yang dapat diakses dengan laptop dan ponsel pintar (smartphone).

Sehingga kedepannya, diharapkan Guru-guru SMKN 2 Batu mampu menyusun bahan ajar dalam model digital sendiri, yang dapat diakses oleh siswa dimanapun dan kapanpun. Meskipun masa pandemi sudah berakhir.