Kuliah Tamu Pembimbingan Karier Lulusan Fisika

Untuk memberi pengetahuan dan pembekalan mahasiswanya tentang karier, Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, mengadakan kuliah tamu pada Kamis,4 Agustus 2022 yang berjudul “Tips dan Trik Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus” dan pada Jumat, 5 Agustus 2022, berjudul “Berkarier sebagai Peneliti Fisika dan Astrofisika” secara hybrid (Daring dan Laring).

Kuliah tamu hari pertama, Departemen mengundang Muhammad Noor Alamsyah, S.Si., M.Sc. (Alumni Fisika 98) yang telah bekerja sebagai Geophysicist di PetroChina International Co., dan M. Wawan, S. Si. (Alumni Fisika 98) yang telah bekerja sebagai HSE Engineer di PT. PT Radiant Utama Interinsco.

Dalam materinya, Mas Koko dan Mas Wawan menjelaskan tentang bagaimana mempersiapkan diri dalam membuat surat lamaran pekerjaan, dan tip bagaimana menentukan nominal gaji saat wawancara.

Sedangkan pada kuliah tamu hari kedua, dipaparkan oleh Dr. Eddwi Hesky Hasdeo dan Dr. Abdurrouf tentang bagaimana berkarier menjadi peneliti dan langkah-langkah mencari, melamar, dan lolos riset Postdoctoral luar negeri.

Dimana di kedua kuliah tamu di atas, hal yang paling ditekankan oleh pemateri untuk mendapat dan bertahan dalam pekerjaan adalah skill (ketrampilan) dan passion (kesukaan).

Kedua rekaman video kuliah tamu dapat dilihat di kedua link dibawah ini:

Diharapkan dari kuliah tamu ini, mahasiswa Fisika, terutama mereka yang akan lulus, lebih siap, tahu arah dan tujuan, jenjang karier yang dapat mereka gapai.

“Setelah lulus, dan mendapat pekerjaan pertama, jangan lupa mengisi Tracer Study” pesan Sekretaris Departemen dalam sambutannya, sebab informasi pekerjaan dan nominal gaji pertama adalah parameter keberhasilan Departemen dalam korelasinya sebagai penyedia Sumber Daya Manusia (SDM).