Kuliah Tamu: General Rule of Instrumentation Expert in Industrial and Business

Pada Jumat, 2 September 2022, Departemen Fisika, FMIPA, Universitas Brawijaya mengadakan kuliah tamu yang berjudul “General Rule of Instrumentation Expert in Industrial and Business” dengan pemateri Acep Supriadi, Owner PT. Pintar Inovasi Mandiri, dan Cahya Hari Kuncoro, Direktur PT. Somit Karsa Trinergi.

Kuliah ini bertempat di MC 1.1, Gedung MIPA Center, Universitas Brawijaya.

Dalam materinya, kedua pemateri menekankan bahwa kesuksesan itu diraih sebenarnya oleh diri sendiri, dan bangku kuliah hanya sebagai perantara saja untuk mencapainya.

Seperti pengalaman Pak Acep, beliau hanya diberi petunjuk untuk membuat suatu sistem oleh Prof. Dr. Eng. Didik Rahadi Santoso, M.Si. sebagai tugas akhirnya, beliau tidak langsung balik bertanya begitu saja, tetapi beliau berusaha dengan langsung pergi ke Perpustakaan, untuk mencari referensi tentang sistem yang akan dia bangun tersebut.

Hasilnya, ketika di pekerjaan, Pak Acep dipercaya oleh atasannya untuk mengerjakan sebuah project, berdasarkan tugas akhirnya itu.

Lain halnya yang disampaikan oleh Pak Cahya dalam materinya, beliau lebih berbagi tentang bidang-bidang pekerjaan untuk lulusan Fisika, khususnya Fisika Instrumentasi.

Beliau juga memberikan arahan kepada peserta kuliah tamu, untuk memiliki sertifikat keahlian setelah lulus. Sebab banyak perusahaan yang membutuhkan sertifikat keahlian ini, misalnya untuk keperluan tender.

Diharapkan dengan kuliah tamu ini, peserta kuliah, khususnya mahasiswa Departemen Fisika semakin bersemangat dan tidak merasa rendah diri, merasa salah jurusan, sesuai sambutan pembuka yang disampaikan oleh Ketua Departemen, Prof. Dr.rer.nat. Muhammad Nurhuda.