Laboratorium Komputasi merupakan salah satu laboratorium yang dimiliki Jurusan Fisika Universitas Brawijaya yang digunakan untuk perhitungan komputasi dan pemodelan oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan fisika. Laboratorium ini berada di Gedung Jurusan Fisika lantai 2 dengan luas kurang lebih 72 meter persegi. Secara administratif berada dibawah Jurusan Fisika FMIPA Universitas Brawijaya. Tugas dari laboratorium ini adalah penyelanggara praktikum fisika komputasi, praktikum metode numerik teknik geofisika dan praktikum-praktikum lain yang berhubungan dengan komputer. Selain itu juga laboratorium ini dapat digunakan untuk pelatihan-pelatihan dari luar jurusan fisika. Laboratorium komputasi menyediakan lebih dari 25 komputer yang digunakan untuk kegiatan komputasi yang semuanya terhubung dengan jaringan internet, menggunakan dual operation system (windows dan linux ) serta server penyimpan data yang bisa diakses dari semua komputer yang ada di jurusan fisika.
di labkom2
Pelatihan Blog di Lab. Komputer

PERSONIL
Personil Laboratorium Komputasi terdiri atas kepala laboratorium yang dibantu oleh seorang laboran. Saat ini, personil laboratorium komputasi adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Lab : Gancang Saroja, S.Si.,M.Si
  2. Laboran: –

POTENSI UNGGULAN
Beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan di laboratorium Komputasi adalah sebagai berikut :

  1. Layanan praktikum ( Komputasi, Simulasi Fisika Eksperimen, Pemrograman Terstruktur, & Metode Numerik Teknik Geofisika )
  2. Pelatihan dan Workshop Komputasi ( Linux, CorelDRAW, Matlab, Labview, Office, Fortran, & C)
  3. Diskusi terkait pengaplikasian metode numerik

SOFTWARE UNGGULAN

  1. Matlab
  2. Labview
  3. Delphi
  4. C++ Builder
  5. Code::Blocks
  6. Endnote
  7. Main jet map

TARIF LAYANAN
Laboratorium Komputasi dan Pemodelan juga melayani printing dan scanning dengan tarif terjangkau.
WAKTU KERJA
Laboratorium Komputasi buka pada jam 08.00 pagi sampai 03.00 sore .